ANUGERAH PENYIARAN RAMAH ANAK 2020


JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) memberikan penghargaan kepada kepada program televisi dan radio yang ramah anak bertajuk 'Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) 2020'. Penghargaan ini diharapkan mampu mendorong agar media menghadirkan berbagai program yang berkualitas untuk anak sebagai generasi penerus bangsa.

Terdapat sepuluh kategori dalam APRA 2020 di antaranya Program Animasi Anak Indonesia, Program Animasi Anak Asing, Program Dokumenter, Program Variety Show, Program Feature, Program Pendidikan Anak Indonesia, Program Anak Radio, Program Radio Peduli Anak 2020, Televisi Terbaik Program Anak, dan Televisi Terbaik Ramah Anak 2020.

Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga mengapresiasi pengharagaan dari KPI untuk televisi dan radio yang ramah anak tersebut. Menurut dia, setiap anak mempunyai hak asasi yang wajib dipenuhi seperti halnya orang dewasa. "Pemenuhan anak merupakan kewajiban yang harus dipenuhi dalam hal apapun. Hak untuk hidup, hak untuk tumbuh dan berkembang, dan hak untuk perlindungan, dan hak untuk berprestasi," kata Bintang Puspayoga dikutip dari akun Youtube Media Center KPI Pusat, Sabtu (29/8/2020).

Bintang Puspayoga menerangkan, UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran mengamanatkan agar program televisi hingga radio dapat terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.
Selain itu, media televisi dan radio juga diamanatka untuk memberikan perlindungan kepada anak dan remaja melalui konten-konten siarannya.

"Penyiaran merupakan komunikasi massa untuk perekat sosial di masyarakat," ujarnya.
Bintang Puspayoga juga mendorong insan televisi, radio, dan media lainnya menciptakan program-program dan tayangan yang berkualitas dan ramah anak di tengah pandemi Covid-19.
Ia menilai, tayangan dan program tersebut akan mendukung anak-anak Indonesia untuk tetap berada di rumah selama pandemi. "Tayangan-tayangan itu juga diharapkan mengedukasi mengenai mitigasi bencana nonalam yaitu pandemi," tuturnya.
 
Ia menambahkan, semakin banyak tayangan dan program-program yang berkualitas dan ramah anak akan mempengaruhi tumbuh kembang anak Indonesia.
"Kondisi saat ini kami banyak mendengarkan dan menonton yang tidak layak anak. Sehingga memotivasi kepada para insan media untuk menciptakan dan mengembangkan tayangan yang ramah untuk anak," tuturnya.


Sumber : Okezone 
PENGHARGAAN & PENCAPAIAN MNCTV TERAKHIR